SAP, Leaflet, dan Lembar Balik TBC

Kali ini aku akan memberikan informasi mengenai apa itu penyakit TBC, yang mana penyakit TBC merupakan salah satu jenis penyakit menular yang banyak ditemui di Indonesia. Sebagai salah satu jenis penyakit menular, tentu kita harus bisa mengetahui apa itu penyakit TBC, sehingga kita bisa mencegah penyakit TBC sejak dini.

Lantas apa sebenarnya penyakit TBC?

Apasih TBC itu?

Apa itu TBC?

TBC atau Tuberculosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis

Apa Tanda dan Gejala TBC?

Tanda dan Gejala TBC
Tanda dan Gejala TBC

 

  • Gejala Utama : Batuk secara terus menerus dan berdahak selama 2 minggu atau lebih. Setiap orang yang memiliki gejala tersebut, dianggap suspek (tersangka) TBC, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri.
  • Gejala lain : Batuk yang bercampur darah, sesak napas serta nyeri dada, badan terasa lemah, nafsu makan berkurang, berat badan menurun, demam yang tidak kunjung sembuh, berkeringat di malam hari meskipun tidak sedang melakukan kegiatan.
  • Apabila terdapat tanda dan gejala seperti diatas langsung segera periksa, agar dapat segera diobati dan tidak menulari orang lain.

Bagaimana Cara Penularannya?

Cara penularan TBC
Cara penularan TBC

Penularan TBC yang paling umum melalui udara. Ketika seseorang yang mengidap TBC batuk, bersin, atau berbicara dengan memercikkan ludah, bakteri TB akan ikut terbang keudara melalui ludah tersebut. Selanjutnya, bakteri akan masuk ke dalam tubuh orang lain melalui udara yang dihirup. Oleh karena itu, penting untuk selalu menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) berupa masker saat sedang kontak dengan penderita TBC.

Yang perlu diketahui adalah tidak semua orang yang menghirup udara yang terkandung bakteri TBC akan sakit TBC pula. Pada beberapa orang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta mampu menjaga gizi tubuh dengan baik, membuat mereka tidak terserang penyakit TBC. Namun pada mereka yang sedang mengalami daya tahan tubuh yang menurun, pada saat menghirup udara yang mengandung kuman TBC maka akan lebih mudah terinfeksi penyakit TBC.

Cara Pencegahan

Untuk Penderita :

  • Minum obat secara teratur sampai habis sesuai petunjuk
  • Menutup mulut ketika batuk atau bersin
  • Tidak meludah di sembarang tempat
  • Meludah di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau ditempat yang sudah ada karbol/lisol

UNTUK KELUARGA :

  • Jemur kasur seminggu sekali
  • Buka jendela lebar-lebar agar udara dan sinar matahari bisa langsung masuk

PENCEGAHAN LAIN :

  • Imunisasi BCG pada bayi
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bergizi

 

Klik disini untuk mendowload file SAP

Klik disini untuk mendowload file Leaflet

Klik disini untuk mendowload file Lembar Balik

Komentar

comments

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)

%d blogger menyukai ini: