Resmi, Android Oreo Adalah Nama Android O 8.0

Android O 8.0 Akhirnya Diberi Nama Android Oreo

www.yusufsaktian.com – Google pada akhirnya resmi mengungkapkan nama baru untuk Android O. Seperti rumor yang telah beredar, versi Android 8.0 ini diberi nama Oreo. Peresmian untuk nama baru Android O ini bertepatan dengan terjadinya Gerhana Matahari Total yang jatuh pada Senin (21/8/2017) malam.
Pengumuman resmi ini diselenggarakan khusus di 14th Street Park, Manhattan, New York, Amerika Serikat. Lokasi tersebut berada di seberang Pasar Chelsea, tempat dimana pabrik Nabisco asli berada. Karena di situlah Oreo pertama ditemukan.

Untuk pertama kalinya Google memamerkan patung maskot Android berada di luar markasnya. Sebelumnya patung maskot Android seperti Nougat, Marshmallow, Lollipop, dan lainnya selalu diungkap di halaman kantor pusat Google yaitu yang berada di Mountain View, California.

Android Oreo
Peluncuruan Android Oreo

Sebenarnya nama “Oreo” sendiri sudah banyak yang mengira sejak Android O pertama kali diperkenalkan di ajang Google I/O 2017. Hal ini dikarenakan nama “Oreo” memenuhi kriteria penamaan Android karena selama ini Google dalam memberikan nama untuk Android selalu urut dengan nama Abjad dan berupa sebuah camilan manis.

Alasan dalam pemberian nama Oreo menurut yang diungkapkan oleh Sagar Kamdar selaku Director Product Management Android karena Google melihat banyak engineernya yang lembur seringkali ngemil Oreo.

“Di microkitchens Google, kami punya Oreo di manapun. Teknisi kami terus mengonsumsi Oreo dengan susu mereka,” kata Kamdar seperti dikutip dari CNet, Selasa (22/8/2017).

Android Oreo
Android Oreo

Beberapa nama yang sempat muncul dari prediksi orang-orang untuk penamaan Android O ini mulai dari “Oatmeal Cookie”, “Orange Sherbert”, “Orange Julius”, bahkan “Octopus”. Prediksi-prediksi ini dibiarkan mengambang selama berbulan-bulan tanpa konfirmasi dari Google.

Oh ya, ini adalah kedua kalinya Google menggunakan nama yang diambil dari sebuah produk. Sebelumnya, Google pernah melakukannya di Android 4.4 yang mereka beri nama KitKat.

Kapan Bisa Mencicipi Android Oreo?

Android Oreo

Seperti yang sudah sudah, beberapa ponsel yang mendapat Oreo lebih dahulu adalah ponsel buatan Google yaitu seperti Nexus 5P, Nexus 6P, Pixel, serta Pixel XL.

Sementara itu, untuk ponsel dari vendor pihak ketiga seperti Essential, General Mobile, HMD Global Home untuk Nokia Phones, Kyocera, LG, Huawei, HTC, Motorola, Samsung, Sharp, dan Sony, Google menjanjikan Android Oreo akan tersedia pada akhir 2017 ini.

Android Oreo membawa fitur baru seperti picture in picture yang berguna untuk menunjang produktivitas dengan mampu menjalakan dua aplikasi sekaligus pada waktu yang bersamaan, kemudian fitur background limit untuk menghemat baterai serta data, notification channel dan dots untuk mempermudah akses ke hal-hal penting, serta keamanan yang diklaim lebih mumpuni.

Android Oreo

Jadi, apakah tebakan kalian sebelumnya benar mengenai Nama Oreo untuk Android O? 😀

3 Comments

  1. 10 fitur keren MiUI 9

    2 September 2017 at 17:32

    […] salah satu fitur yang banyak dinanti oleh sebagian besar Mi Fans. Dengan adanya fitur ini maka kalian akan semakin mudah menjalankan 2 aplikasi secara bersamaan. […]

  2. Tulisan Blogger Indonesia by Febriyan

    22 Agustus 2017 at 13:18

    Akhirnya keluar juga nih mas Oreo…. saya salah nebak sih. hehehe. selama ini kirain bakalan Odonut (maksacom). hahaha.

    1. Yusuf Saktian

      23 Agustus 2017 at 11:39

      Haha ada ada saja 😁 sekalian aja omegat 😂

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan jejak dibawah ini ya :)

%d blogger menyukai ini: