Ketika Touchscreen Smartphone Rusak

Yang namanya touchscreen smartphone rusak itu bener-bener gak enak banget. Nggak bisa buat chattingan lah, nggak bisa buat maen moba, gak bisa buat dengerin musik, nonton film, pokoknya nggak bisa ngapa-ngapain selain pencet pencet tombol power dan tombol volume ๐Ÿ˜€

Btw ada yang pernah ngalemin touchscreen smartphonenya rusak gak?

Disini aku mau share pengalaman aku sewaktu touchscreen smartphoneku tiba-tiba rusak.

Jadi beberapa waktu yang lalu, touchscreen smartphoneku tiba-tiba rusak. Rusak disini bukan karena jatuh ataupun nyemplung ke air. Tiba-tiba rusak gitu aja, gak mau respon sama sekali waktu disentuh. Jangankan disentuh, digelitikin pun dia diem aja. Bener-bener lumpuh total smartphoneku.
Sama halnya dengan orang-orang normal yang lainnya responku jelas panik. Apalagi ini baru pertama kalinya ngalemin touchscreen gak mau respon. Kalo cuman bootloop sih sudah berkali-kali ngalemin itu jadi nggak panik lagi.
Masih dalam suasana panik, aku mencoba menenangkan diri dengan terus menyentuh layar namun sama saja tidak ada respon! Mencoba menyentuh layar dengan lima jari sekaliguspun tetep gak ada respon! Buset, apa perlu dikasih nafas buatan ya? ๐Ÿ˜€

Tidak ingin menyerah dengan keadaan, aku mencoba untuk menonaktifkan smartphone dengan memencet tombol daya dengan durasi yang agak lama (Maklum saja smartphoneku adalah xiaomi redmi 4 prime yang mana tutup belakangnya susah untuk dilepas buat ngambil baterai lalu menonaktifkannya secara paksa). Setelah smartphone dalam keadaan mati, kemudian aku coba menyalakannya kembali dan ternyata NIHIL!

Mencoba Flashing

Ketika touchscreen smarpthone rusak

Tiba-tiba terbersit sebuah ide untuk melakukan flashing. Langsung saja masuk ke Download Mode dengan cara menonaktifkann smartphone lalu mengaktifkannya kembali dengan cara menekan tombol daya dan tombol volume bawah (-) secara bersamaan. Ketika logo fastboot xiaomi sudah terlihat di layar, kemudian aku menyambungkan kabel data usb ke laptop lalu membuka aplikasi minimal adb fastboot dan mengetik “adb oem edl” lalu tekan enter maka dengan seketika si xiaomi akan masuk ke download mode lalu kemudian aku flash menggunakan mi flash. Cukup lama menunggu sampe proses flashing benar-benar selesai, rasanya dag dig dug berharap smarphone bakal kembali normal namun ketika proses flashing sudah selesai aku terduduk lemah karena touchscreen masih saja tidak berfungsi ๐Ÿ™
Merasa tak puas dengan proses flashingnya, kuulangi lagi flashing xiaomi sampe 2-3 kali tetap saja touchscreen tidak berfungsi.

Dikubur Kedalam Beras

Mengubur Smartphone kedalam beras

Tak terasa waktu menunjukan pukul 1 dini hari, itu berarti aku telah menghabiskan waktu selama kurang lebih 5 jam untuk mencoba meperbaiki smartphoneku. Sempat baca artikel di internet bahwa touchscreen rusak bisa saja karena kemasukan air dan salah satu cara untuk mengeluarkan airnya dengan dikubur didalam beras. Meski smartphoneku sama sekali gak kemasukkan air, tapi cara ini tak ada salahnya juga untuk dicoba. Pagi harinya, aku mencari smartphoneku yang semalam aku kubur didalam beras. Begitu aku nyalakan kembali, ternyata memang cara ini gak berhasil mengembalikan touchscreen yang rusak.

USB OTG HARAPANKU

usb otg

Pagi harinya, aku memutuskan nongkrong di wifi.id untuk menyelesaikan beberapa project kerjaan sambil sesekali mencari-cari cara memperbaiki touchscreen yang rusak. Cukup lama aku mencari hingga pada akhirnya aku menemukan sebuah tulisan dari seorang user berhastagh #share di grup facebook Xiaomi Redmi 4/4A/4 Prime/4X Indonesia.
Isi tulisannya kurang lebih dia bercerita pernah mengalami kasus yang sama denganku, lalu kemudian dia menggunakan usb otg untuk mengoperasikan smartphonenya setelah itu klik reset kembali ke setelan pabrik dan smartphonenya pun kembali normal.
Setelah melihat tulisan tersebut, malam harinya aku memutuskan untuk membeli usb otg. Akhirnya dapatlah sebuah usb otg dengan harga 35ribu rupiah. Langsung saja aku colokkan dengan usb mouse dan viola aku bisa kembali mengoperasikan smartphoneku tanpa harus menyentuhnya. Udah bener-bener kayak PC yang kudu pake mouse buat ngoperasiinnya. Kemudian aku klik reset ke setelan pabrik setelah menunggu lumayan lama smartphone kembali ke menyala dan kucoba untuk kembali menyentuh layarnya but still doesn’t work!

MENYERAH, KIRIM KE KANG SERVICE

Tukang service hp

Setelah berusaha semaksimal mungkin namun tetap tidak membuahkan hasil, akhirnya aku memutuskan untuk menyerah dan mengirimkan smartphoneku ke kang service kepercayaan melalui JNE. Sebelum dikirim melalui JNE, aku meminta tolong salah seorang temanku wanita untuk membantu packingnya. Setelah semua beres aku memacu kuda besiku ke JNE Kendal. Nampak parkiran terlihat begitu sepi, dan begitu masuk kedalam kantornya benar saja hanya terlihat satu orang yang sedang dilayanin proses pengiriman barangnya sama si mbak.
Tanpa menunggu lama, si mbak dengan ramah dan tersenyum bertanya;

“Mau kirim apa mas?” Ucapnya
“Smartphone mbak” jawabku seraya menunjukkan apa yang akan dikirim.
“Buka dulu bungkusnya mas, mau lihat imeinya” jawabnya lagi.

Duh mana udah dibungkus eh disuruh buat buka lagi

“Baiklah mbak” jawabku sambil tersenyum kecut.

Mbaknya kemudian memberikan pisau cutter dan dengan berat hati aku membuka kembali smartphone yang telah dibungkus rapi dan siap dikirim tersebut.
Masih dalam keadaan membuka, si mbak kembali bertanya

“Hp baru apa gimana mas?”

“Oh, ini mau diservice kok mbak”

Sempat kepikiran gimana mau cek imei sedangkan touchscreenku sendiri masih rusak, untung saja aku membawa mouse dan usb otg!. Setelah menunggu sampai layar smartphone kembali meyala secara gak sadar aku mengusap layar smartphoneku untuk membuka tampilan layar kunci.

“Eh!!”

Masih tidak percaya dengan apa yang kulihat, kembali aku menyentuh layar smartphoneku lagi.

“Lho kok bisa?” Ucapku kegirangan seraya mencoba menyentuh layar smartphoneku berulang-ulang.

Si mbak yang keheranan melihat tingkahku kemudian bertanya

“Kenapa mas?”

“Mbak maaf ya gak jadi kirim smartphonenya, barusan dicoba eh kaget kok bisa balik normal lagi!. Padahal udah berhari-hari touchscreennya gak mau respon” Jawabku dengan tersenyum lebar

“Hah? Seriusan mas? Kok bisa ya?”

“Hehe iya nih mbak gak tahu kenapa, makasih tadi udah nyuruh buat buka smartphonenya ya, kalo engga udah kekirim ini smartphonenya”

“Sama sama mas, tapi seriusan itu bisa normal lagi?” Tanya si mbak yang masih keheranan.

“Iya mbak, nih normal lagi” Jawabku sembari memperlihatkan kondisi smartphoneku yang sudah normal kembali.

Setelah itu si mbaknya bertanya macem-macem mengenai smartphone diantaranya bagus yang ini atau yang itu mas, ooh gitu soalnya saya mau beli smartphone baru nyari yang ramnya gedhe dan blablabla. Yasudah sebagai tanda terima kasih aku jawab semua pertanyaan serta memberikan rekomendasi smartphone yang cocok dengan keinginan si mbak. Bener bener udah kayak orang sales aja aku waktu itu hahaa. Untungnya waktu itu kantor lagi sepi dan kita ngobrol udah lumayan lama juga, lebih dari setengah jam kalo gak salah hingga ada orang yang masuk untuk mengirimkan paketnya, karena gak enak juga ngobrol terlalu lama aku memutuskan untuk menyudahi obrolan ini dan berterima kasih sama si mbaknya sebelum meninggalkan kantor JNE tersebut.

TIPS BUAT YANG TOUCHSCREENNYA LAGI NGAMBEK

Tips Ketika Touchscreen Smartphone Rusak
Tips Ketika Touchscreen Smartphone Rusak

Mau berbagi tips jika touchscreen smartphone kalian ngambek gak mau respon.

1. Jika touchscreen error dikarenakan smartphone kalian sebelumnya kecemplung air, sebaiknya langsung keringkan menggunakan hair dryer atau bisa dengan langsung menguburnya kedalam tumpukan beras. Beras mempunyai sifat menyerap air sehingga mampu mengeringkan smartphone kalian.
Kubur dalam beras dalam durasi waktu 1-2 harian.
Jangan langsung menyalakan smartphone ketika baru saja tercelup air karena bisa menyebabkan konsleting

2. Gunakan usb otg untuk sementara dalam mengoperasikan smartphone kalian ketika touchscreennya lagi ngambek. Setelah itu masuk ke menu pengaturan lalu pilih kembali ke setelan pabrik. Jika cara ini tidak berhasil dilakukan cobalah lakukan flashing sesuai dengan merk smartphone kalian.

3. Jika semua cara diatas tidak berhasil, cobalah untuk diservice smartphone kalian. Bisa jadi terjadi kerusakan di dalam hardwarenya sehingga mungkin perlu untuk mengganti komponen touchscreennya.

Ya itu tadi pengalamanku mengenai touchscreen smartphone yang tiba-tiba rusak. Alhamdulillah sampe sekarang masih berfungsi dengan baik untuk mengetik tulisan ini. Semoga dapat bermanfaat

Summary
Article Name
Ketika Touchscreen Smartphone Rusak
Description
Ketika Touchscreen Smartphone Rusak. Mencoba memperbaiki semaksimal mungkin namun nihil. Akhirnya menyerah dan dikirim ke kang service. Tapi...
Author

Tinggalkan komentar agar aku bisa berkunjung ke blog kalian :)

%d blogger menyukai ini: